PERBANDINGAN CBR 150 LOKAL VS YAMAHA R15

Membandingkan Spek Performance Honda CBR 150R dan Yamaha YZF R15V2.0

Sumber : TMC BLOG
Seolah tak ingin kembali tertinggal seperti kejadian 2007 silam dimana Vixion dibiarkan bebas melenggang sendiri hingga akhirnya menguasai secara dominan pangsa pasar sport 150cc tanah air. Peluncuran Yamaha YZF-R15 oleh yamaha indonesia mendapat respon cepat dari kompetitor kuatnya untuk memberikan produk tandingan.
Tentunya, tak seperti CB150R yang terkesan buru-buru. Honda disinyalir telah mempersiapkan dengan matang kode produk Honda K45 yang digadang-gadang sebagai produk lokal dari seri CBR 150R. Dari informasitmcblog, telah sedikit demi sedikit bagian-bagian motor dari K45 dibocorkan untuk lebih mempertegas kehadiran CBR 150R buatan indonesia ini.
Menarik dikarenakan Yamaha R15 telah dirilis terlebih dahulu dengan banderol 28 jutaan OTR Jakarta, akan menjadi acuan Astra Honda dalam memberikan value lebih dari CBR 150R lokal dengan harga yang berbanding sama layaknya versi naked nya yang sudah bertarung lebih dulu.
Yamaha R15 dengan mesin SOHC, 150cc, 6-speed tentunya akan memberikan sensasi tersendiri bagi pemiliknya, namun sayang, spesifikasi mesin yang sama dengan NVL menjadikan R15 kurang greget. berbeda dengan CBR 150R yang sudah lebih dulu dinikmati oleh konsumen indonesia, karakteristik mesin DOHC, 150cc, 6-speed tentu masih menjadi idola penyuka kecepatan di putaran atas mesin.
Nah, sensasi itulah yang coba ditawarkan Honda yang berencana meluncurkan K45 alias Honda CBR 150R versi indonesia. Tentunya AHM tahu betul seleras konsumen, basis desain akan mengadopsi desain dari New CBR 250 2014 yang juga memiliki desain persis dengan CBR 300, dimana Honda akan meninggalkan desain headlamp tunggal dan menggunakan 2 mata lampu utama, sebanding dengan R15 ataupun Ninja 250 FI. Sekali lagi berbicara tentang banderol harga nya kelak, CBR 150R indonesia ini disinyalir akan bersaing sehat dengan R15 yang sudah lebih dahulu dilokalkan yamaha.
Bro sekalian, Jika Data data spek performa suatu Motor yang digelontorin dan di klaim oleh pabrikan benar adanya . . . maka sebenarnya kita dapat membuat hipotesis sementara untuk dapat meraba raba seperti apa Performance Motor  tersebut. Dalam Hal ini mari kita sama sama belajar bagai mana membuat hipotesis sementara perbandingan spek performa antara Honda CBR 150R dan Yamaha YZF R15 V2.0. Data Spek performa awal dapat dianalisa dari ukuran piston. CBR 150R Diameter x langkah : 63.5 x 47.2 mm dan R15V2 57 x58,7 mm . . . nah dari sini terlihat  R15 memiliki Stroke yang panjang.  Karakteristik Stroke panjang adalah kuat di akselerasi awal(kalo Rasio Final gearnya sama)  , cmiiw
Data-data Yang tmcblog dapat adalah untuk Honda New CBR 150R, powernya 17,5 PS/10500rpm, torsinya 12,66nm/8500 rpm denganberat kosong 138 kg. Sedangkan Yamaha New YZF R15 V2.0 powernya :17 PS/8500rpm, torsinya: 15nm/7500 dengan kerb weight (is the total weight of a vehicle with standard equipment, all necessary operating consumables (e.g., motor oil and coolant), a full tank of fuel) 136 kg. Kita asumsikan kedua motor digerojokin pertamax sebanyak 12 liter . KarenaMassa jenis Pertamax  715-770 gram/liter (ambil tengahnya 740 gram/liter) maka bobot tambahan dari Bahan Bakar sebesar 8,8 kgditambah bobot rider misalnya 50 kg maka diperoleh Bobot kotor Motor-bbm-rider : CBR 150R sebesar 196,8 kg dan YZF R15V2 sebesar 193186 kg
dari data diatas diperoleh besaran Power to weight Ratio maksimum dari CBR 150R 0,089 ps/kg dan untuk R15V2 sebesar 0,091 PS/kg . . . wahhh emang gedean
CBR 150R YZF R15V2 sebesar 0,002 ps/kg ya. Secara umum bila Rasio Final Gear kedua motor sama maka CBR 150R bermain di Rpm mid-high dan YZF R15 bermain di Rpm Low-Mid. Secara Teori kita bisa ambil hipotesis sementara bila di geber disentul, maka R15 akan ngacir duluan, namun di straight panjang maka power akan terasa habis setelah teriak di 8500 rpm, sedangkan CBR 150R akan Bernafas lebih panjang dalam mengejar top speed. Salah satu cara R15 untuk menyamai top speed CBR 150R adalah mengubah rasio final gear menjadi lebih kecil dengan cara mengecilkan jumlah gigi pada sproket belakang dengan konsekeuensi akselerasi awal dikorbankan . . . jadinya yaaa . . . sami mawon, cmiiw  . . . :D
Bagaimana tentang perbandingan DOHC dan SOHC . . . kalau tmcblog pikir CBR dengan strik pendek memang seharusnya pake DOHC dan R15 Dengan stroke panjang emang pantesnya Pake SOHC. Ibarat kata pas banget . . . IMHO, SOHC kan memiliki keterbatasan RPM akibat gerak bolak balik darirockerarm nah kan sesuai dengan karakter stroke panjang . . . dan DOHC memiliki keluasaan rpm karena kemnya dua, pas banget dikombainkandengan stroke pendek yang bernafas lebih tinggi, cmiiw
Jadi Hipotesis kesimpulannya Gimana? Kedua Motor ini memiliki karakter yang berbeda mengenai urusan Performance. CBR 150R memiliki spek performance mesin yang lebih Racy dengan power besar dan nafas rpm panjang sedangkan R15 lebih pas digunakan untuk harian karena dengan torsi besar yang diperoleh pada rpm lebih rendah memungkin kan motor ini lebih efesien digunakan untuk stop and go di jalanan perkotaan. Nah bicara desain gimana ? . . . wahhh ini subjektif nih, tergantung selera dah . . . 

0 Response to "PERBANDINGAN CBR 150 LOKAL VS YAMAHA R15"

Posting Komentar

Silahkan tambahkan komentar